Laman

Kamis, 22 Oktober 2015

AYAS AREK MALANG, SAM.....!!



budaya, makanan, ciri khas kota malang

haloo yo'opo kabar e kerr...ayas kate nginfok no tentang daerah e ayas ...yoiku ngalam city kerrr!!!!!




kebudayaan kota malang
malang merupakan kota terbesar di jawa timur dan juga terkenal sebagai kota dingin. tapi sayang saat ini kota malang sudah mulai panas mungkin karena pepohonan-pepohonan di dekitar kota malang mulai berkurang. tapi mungkin kalian tetap akan menemukan daerah-daerah yang dingin meskipun hanya di jumpai di daerah-daerah tertentu saja. kota malang selain di kenal sebagai kota dingin, kota malang juga memiliki berbagai julukan di mata masyarakat indonesia yaitu sebagai paris van east java, kota wisata, kota militer, kota sejarah, kota olahraga, kota apel, kota susu, kota kuliner serta salah satunya ialah kota budaya dan kota kesenian.kekayaan etnis dan budaya yang berada di kota malang berpengaruh terhadap kesenian tradisional yang ada. salah satunya yang terkenal adalah topeng malangan (topeng berasal dari kota malang), namun kini kesenian itu mulai terkikis oleh kesenian-kesenian modern.sub-kultur yang terkenal di malang yaitu sub-kultur budaya jawa tengahan yang hidup di lereng gunung kawi, sub-kultur madura di lereng gunung arjuna, sub-kultur tengger sisa budaya majapahit di lereng gunung bromo-semeru. etnik masyarakat kota malang terkenal religius, dinamis, suka bekerja keras, lugas dan bangga dengan identitasnya sebagai arek malang (AREMA) serta menjunjung tinggi kebersamaan dan setia kepada malang.

makanan kota malang
makanan khas kota malang yang terkenal sampai luar malang adalah kripik tempe dan bakso. di kota malang bisa kalian temui berbagai macam bakso yaitu:
- bakso mercon malang
- bakso ceker malang
- bakso bakar malang
- dsb.
tapi jangan kalian lupa kota malang juga terkenal kripik tempenya yang sedap, enak, dan gurih. banyak di kota malang yang bisa kalian temui di toko-toko yang menyediakan berbagai macam kripik tempe. kalau mengunjungi kota malang tidak menikmati bakso dan kripik tempe asal malang di jamin rugi deh. maka dari itu buruan kunjungi kota malang.

ciri khas kota malang
jika kalian asli orang malang pasti sudah sangat mengenal dengan boso walikan ( bahasa kebalikan) yang sering di gunakan oleh arek-arek asli malang. dan mungkin orang yang bukan asli malang kadang-kadang tidak tahu dengan boso walikan, contohnya :
- ker (rek)
- ngalam (malang)
- nakam (makan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar